JUJUR
11 Jul

JUJUR

Oleh: Ustadzah Kurnia Widyastuti

(Pembimbing Umroh Khairo Tour & Travel)

 

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar” (QS. Al-Ahzab : 70-71).

Meniti as-shirath (jalan-red) kehidupan tak selalu berjalan mulus. Kadang belok, kadang penuh duri, kadang terpeleset, atau terkadang ada rasa ingin kembali ke belakang untuk mengulang masa.

Allah berjanji akan memperbaiki amalan-amalan kita yang rusak. Yang mungkin ternoda oleh niatan yang tak lagi bersih, terpeleset karena kekhilafan, terjatuh oleh kebodohan diri, dominasi nafsu, atau sifat jahiliyah lainnya.

Dan janji Allah Ta’ala pastilah benar!


Baca juga :


Allah SWT perbaiki diri kita. Allah tunjukkan mana jalan yang baik untuk hambaNya. Allah perbaiki pula amalan yang rusak. Dan Allah berikan kemenangan bagi hamba-Nya, yakni bagi mereka yang beriman, bertakwa, dan berkata benar (jujur).

Jujur itu selamat. Jujur terhadap kata hati yang fitrah.

Jujur itu pahit. Jujur terhadap hakikat kebenaran.

Tapi jujur itu indah pada saatnya!

Orang jujur jika berutang tak perlu ditagih-tagih. Orang jujur pakai seat belt tak hanya saat ada polisi saja. Orang jujur ke majelis taklim tak perlu dipaksa. Orang jujur juga tak akan menghindar kala arisan, bayar cicilan, atau kontrakan jatuh tempo.

Orang jujur laki-laki pasti rajin ke masjid atau taklim. Orang jujur itu pasti lembut hatinya. Ia pemaaf dan santun dalam setiap langkahnya. Karena malu sama Allah.

Orang jujur pasti punya cita-cita bersujud dan menatap ke Baitullah. Orang jujur pasti bersegera menyambut seruan kebaikan dalam rangka taat kepada Allah. Karena orang jujur pasti lebih takut kepada Rabbnya daripada sekedar hamba-Nya. Jujur terhadap syahadat (janji) yang ia ikrarkan.

Makanya orang jujur ringan saja kemana ia melangkah. Tak merasa beban berjalan ke manapun. Tak merasa berat dalam bergaul dengan siapa pun. Karena ia tak tersandera oleh siapa pun, kecuali Allah.

Kebaikan sifat jujur inilah yang membuat Allah Yang Maha Baik mengampuni khilafnya dan memperbaiki amalannya sebagai perlindungan dari-Nya.

Semoga Allah masukkan kita ke dalam golongan orang-orang yang jujur. Aamiin ya rabbal ‘alamiin.

 

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

KhairoTour.com © All Rights Reserved 2018

Powered by Kementrian Agama