AMANKAH ORANG LAIN DENGAN AKHLAQ KITA?
30 Okt

AMANKAH ORANG LAIN DENGAN AKHLAQ KITA?

Khairotour.com – Salah satu misi Rasulullah SAW diutus ke dunia ini adalah untuk menyempurnakan akhlaq, bagaimana tidak, akhlaq adalah cerminan dari pribadi seseorang, dengannya orang lain bisa tersenyum bahagia atau sedih karena luka.

إِنَّمَا بُعِثْتُ ِلأُتَمِّمَ صَالِحَ اْلأَخْلاَقِ.

“Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang baik.
(HR. Ahmad).

Sesorang menjadi mulia karena akhlaqnya, & menjadi hina karena akhlaqnya juga, jangan sampai orang lain tersakiti oleh akhlaq buruk kita, baik sikap maupun ucapan, maka alangkah baiknya sebelum kita bersikap & sebelum berucap untuk dapat menyaringnya terlebih dahulu, apakah hal itu pantas atau tidak.

Jangan sampai akhlaq kita menjadi penghambat dan penghalang bagi kita untuk menuju Jannah Nya. Akhlaq seseorang memang tergantung pada kondisi qolbunya, sebagaimana Rasulullah SAW. Bersabda:

“Dalam diri manusia ada segumpal daging, jika segumpal daging itu baik, maka baiklah semuanya, jika segumpal daging itu buruk, maka buruklah semuanya, segumpal daging itu adalah hati”.

Semoga Allah senantiasa mengaruniai kita dengan hati yang baik, agar akhlaq kita juga baik, agar tak ada kata & sikap yang melukai hati orang lain.

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْمُسْلِمُ مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُونَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ وَالْمُهَاجِرُ مَنْ هَجَرَ مَا نَهَى اللَّهُ عَنْهُ )البخاري

“Orang muslim yang baik adalah, yang muslim lainnya aman dari gangguan ucapan dan tangannya, dan orang yang Hijrah (tergolong kelompok Muhajirin) adalah  yang meninggalkan apa-apa yang dilarang oleh Allah”. (HR. Bukhari)

Karena sebaik-baik kita adalah orang yang paling baik akhlaqnya, dan setiap kita ingin diperlakukan baik oleh orang lain, karena setiap kita hakikatnya mencintai kebaikan.

إنَّ مِنْ خِيَارِكُمْ أَحْسَنَكُمْ أَخْلاَقًا

“Sesungguhnya yang terbaik di antara kalian adalah yang terbaik akhlaknya”. (HR. Ahmad)

Bermuhasabahlah, teruslah memperbaiki diri, dengan menghiasi diri dengan kelembutan hati, memperindah diri dengan akhlaq yang terpuji.

 

Oleh: Muhammad Didi Ahmadi,
[Direktur Khairo Tour & Travel]
Info Haji Plus & Umroh?
021 – 5578 0029
021 – 2229 2065
Email : [email protected]

, , ,

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

KhairoTour.com © All Rights Reserved 2017

Powered by Kementrian Agama